LATAR BELAKANG

TEMA

Pembentukan Karakter Generasi Z Wujudkan Potensi dalam Inovasi Renewable Energy

Generasi Z atau yang biasa disebut iGeneration, Generasi Net atau Generasi Internet merupakan generasi yang terlahir dari generasi X dan generasi Y. Generasi Z ini akan tumbuh dan berkembang pada zaman digital dimana teknologi sudah semakin canggih seperti komputer/laptop, Handphone dan berbagai teknologi maju lainnya. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi pola hidup dan pola pikir generasi Z. Karakteristik dan kepribadiannya pun akan berbeda dari generasi sebelumnya. Generasi internet ini memiliki kelebihan dalam hal penguasaan teknologi dan kecerdasan intelektual. Mereka akan lebih mudah mempelajari dan memahami teori dan hal-hal rumit yang mungkin tak dapat dicerna oleh generasi sebelumnya. Tak hanya itu, mereka juga terbiasa multitasking atau melakukan banyak pekerjaan dalam waktu yang sama atau berdekatan. Namun generasi Z ini pun memiliki kekurangan yaitu dalam bidang sosial. Kebanyakan dari mereka akan bersikap individual dan tidak menghargai proses.

PT Pertamina (Persero) mendukung penuh upaya pemerintah untuk menggenjot pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan yang ditargetkan dapat mencapai sekitar 23% dari total bauran energi pada 2025. Indonesia sendiri memiliki cadangan energi panas mencapai 40 persen. Energi ini dapat diperbaharui, namun saat ini potensi-potensi tersebut belum bisa dimaksimalkan. Diharapkan pada masanya nanti generasi Z dapat mengoptimalkan pemanfaatan dalam rangka pembaharuan energi. Bagaimana generasi Z dapat mempembaharui energi dengan emaksimalkan potensi intelektualnya dan memini malisir kelemahan akan jiwa sosialnya?

Oleh karena itu Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNS bersama dengan HMP Fisika Grafitasi UNS sebagai wadah pengembang dan pembentuk kreatifitas dan daya guna generasi Z,, menyelenggarakan Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika 2017  (SNFPF 2017) ke-7. Tema besar yang diangkat pada seminar ini adalah “Pembentukan Karakter Generasi Z Wujudkan Potensi dalam Inovasi Renewable Energy “.

Pembicara yang sangat berpengaruh di bidang pendidikan berkarakter Prof. Dr. Mundilarto, M.Pd., di bidang renewable energy Dr. Ing. Muhammad Abdul Kholiq, M.Sc., dan pembicara yang berpengaruh dalam kaitan antara pendidikan berkarakter dengan renewable energy Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd. Ketiga pembicara tersebut, turut kami undang untuk mengupas tema tersebut.